44 Cabor Bakal Berlaga di Porkab VII Tuban

Kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban bakal menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) VII Tahun 2022 di bulan Desember ini. Porkab VII Tuban yang mepertandingkan sebanyak 44 Cabang Olahraga (Cabor) tersebut dijadwalkan dimulai pada 12 sampai 14 Desember 2022.

Kepala Disbudporapar Tuban, M Emawan Putra mengatakan, bahwa pembukaan Porkab tahun ini direncanakan akan dilaksanakan di Alun-alun Kota Tuban pada hari Selasa malam, 13 Desember 2022 mendatang.

Emawan menjelaskan, dari total 44 Cabor yang dipertandingkan, terdapat 13 Cabor yang mewakili kontingen kecamatan. Sementara 31 Cabor lainnya atas nama perseorangan atau club. “Akan ada 44 cabang olahraga yang akan mengikuti Porkab kali ini,” ungkapnya.

Ditambahkan Emawan, pihaknya mewajibkan setiap kecamatan di seluruh kabupaten Tuban untuk mengikuti 7 Cabor, rinciannya, dua Cabor wajib yaitu Sepak bola dan Bola Voli. Kemudian 5 Cabor pilihan dari 13 Cabor yang dipertandingkan antar kecamatan.

Adapun 13 Cabor yang dipertandingkan antar kecamatan adalah, Futsal, Voli Indoor, Catur, Sepak Bola, Basket, Atletik, Pencak Silat, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Voli Pantai, Karate, Sepak Takraw, dan Renang.

Sementara 31 Cabor yang mempertandingkan atas nama perorangan atau club yaitu, Judo, Paralayang, Angkat Besi, Rugby, Tenis Lapangan, Muaythai, Petanque, Bikiard, Kick Boxing, Angkat Berat, Jujitsu, Taekwondo, Bridge, Aeromodeling, Panjat Tebing, Gulat, Sambo, Handball, Kurash, Balap Sepeda, Sepatu Roda, Wushu, Panahan, Arung Jeram, Woodball, Tarung Drajat, Senam, E-Sport, Tinju, Selam, dan Drumband.

Emawan kembali menjelaskan, alasan tidak semua Cabor dipertandingkan antar kecamatan karena mempertimbangkan bahwa semua wilayah belum tentu memiliki atlet di seluruh Cabor. Sehingga pihaknya memilih 13 Cabor yang di setiap kecamatannya terdapat atletnya.

Dalam Porkab VII Tuban tahun ini, lanjut Emawan, juga menjadi ajang seleksi atlet untuk persiapan Porprov Jatim 2023 mendatang. Sehingga para atlet peraih juara di masing masing Cabor berpeluang menjadi atlet kontingen yanh mewakili Kabupaten Tuban pada Porprov Jatim 2023.

“Kita berharap kegiatan ini dapat melahirkan atlet-atlet baru di Kabupaten Tuban,” harapnya.

Diinformasikan pula bahwa untuk pembukaan Porkab VII Tuban 2022, yang direncanakan dilaksanakan di alun-alun Tuban akan dihibur oleh band Naff dari Jawa Barat. (duc)

Comments are closed.