6 Kafilah Tuban Ikuti MTQ Tingkat Nasional Ke-29

Kotatuban.com – Enam putra putri terbaik Kabupaten Tuban terpilih menjadi Kafilah Jawa Timur untuk berlaga di Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke-29 Tahun 2022 yang akan dibuka oleh Presiden Jokowi pada 12 Oktober mendatang. Sebelum berangkat mengikuti pembekalan terakhir dari LPTQ Provinsi Jatim, para kafilah diterima oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky,  di ruang kerjanya di Komplek Pendapa Kridha Manunggal Tuban, Minggu (9/10/2022).

 

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan gelaran MTQ Nasional menjadi ajang bagi kafilah Kabupaten Tuban untuk meningkatkan kemampuan diri dan prestasinya. Karenanya, kafilah Kabupaten Tuban hendaknya mengikuti MTQ tingkat Nasional sebaik mungkin dan pulang dengan penuh kebanggaan membawa gelar juara. “Jangan dijadikan beban, tapi menjadi motivasi, nikmati setiap perlombaan, dan lakukan dengan maksimal. InshaAllah ada hasil yang terbaik,” ungkapnya.

 

Mas Lindra menuturkan Pemkab dan masyarakat Tuban selalu mendoakan dan mendukung langkah kafilah Kabupaten Tuban. “Namun, Doa restu terbaik adalah dari kedua orang tua karenanya mohon restu orang tua, terutama ibu, InshaAllah dengan restu mereka semua menjadi lancar sesuai dengan harapan,” tuturnya.

 

Mas Lindra menyatakan bahwa para Kafilah menjadi tauladan bagi masyarakat, khususnya generasi muda Kabupaten Tuban. Di masa depan, para kafilah diharapkan menjadi pengurus organisasi keagamaan yang dapat mendukung kemajuan Kabupaten Tuban menuju yang lebih sejahtera. “Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya karena telah mengharumkan nama Kabupaten Tuban,” sambungnya.

 

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tuban,  Joko Purnomo menerangkan 6 kafilah asal Kabupaten Tuban akan mengikuti pembinaan dengan Kafilah Jawa Timur pada 9-10 Oktober mendatang. Mereka akan mendapat pengarahan sebelum nantinya diberangkatkan ke Banjarmasin bersama kafilah Jawa Timur lainnya.

 

Joko Purnomo menerangkan kafilah Kabupaten Tuban telah melakukan persiapan dan pembinaan secara intens sejak usai gelaran MTQ Jawa Timur tahun 2021. Kafilah Kabupaten Tuban juga mengikuti pembinaan dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Jawa Timur sejak bulan Februari yang lalu. Tidak hanya itu, Pemkab Tuban bersama LPTQ Kabupaten Tuban selalu memantau perkembangan para kafilah.

 

Perwakilan LPTQ Kabupaten Tuban, Ashabul Yamin menyebutkan LPTQ Kabupaten Tuban intens berkoordinasi dengan LPTQ Jawa Timur guna memberikan persiapan bagi para kafilah. Sejumlah pembinaan yang diterima kafilah disesuaikan dengan cabang perlombaan.

 

Kafilah cabang Musabaqah Makalah Quran (MMQ) Putri, Yayuk Siti Khotijah mengatakan dirinya telah mempersiapkan diri dengan memperbanyak mengkaji tafsir, latihan presentasi dan mengikuti pembinaan dengan pihak Provinsi Jawa Timur. Harapannya, dapat memberikan prestasi terbaik bagi Jawa Timur dan Kabupaten Tuban.

 

Enam kafilah yang mewakili Tuban adalah Isna Hanik Mufaricha dari Cabang Lomba 5 Juz dan Tilawah Putri, Yayuk Siti Khotijah dari Cabang Lomba MMQ Putri dan Ahmad Irfani dari Cabang Lomba MSQ Putra. Selain itu, Rofi’atun Muna dari Cabang Lomba Mujawab Putri, Muhammad Bagus Ma’sum dari Cabang Lomba Tafsir Bahasa Arab Putra dan Ahmad Ma’ruf Zulfa dari Cabang Lomba Dekorasi Putra. Untuk diketahui, bahwa MTQ Nasional XXIX 2022 akan berlangsung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan mulai 10 sampai dengan 19 Oktober 2022. (duc)

Comments are closed.