Bappeda-Litbang Gelar “Tuban Tekno 2024”

Kotatuban.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) gelar pembukaan “Tuban Tekno 2024” yang bertempat di ruang rapat R.H. Ronggolawe Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban, Kamis (7/3/2024).

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam era globalisasi saat ini, penguatan daya saing semakin menentukan keunggulan posisional daerah dan sangat diperlukan dalam rangka akselerasi pembangunan ekonomi.

 

“Kegiatan ini guna memperkuat daya saing daerah, inovasi menjadi kunci utama yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kemajuan daerah secara keseluruhan.Pembentukan daya saing tentu mencakup upaya untuk memperkuat sinergi berbagai sektor pembangunan daerah,” tuturnya.

 

Untuk mempercepat pembangunan Kabupaten Tuban, sambungnya, dibutuhkan inovasi pada berbagai sektor, baik itu dari pemerintahan maupun inovasi dari masyarakat dan swasta. Inovasi sendiri merupakan peluang bagi daerah untuk berkreativitas dan berkarya melahirkan ide dan gagasan dalam rangka menciptakan terobosan baru untuk meningkatkan kesejahteraan, menurunkan angka kemiskinan, dan penambahan lapangan kerja serta mendukung peningkatan kinerja pemerintahan daerah.

 

Menurutnya, melalui kegiatan “Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi”, Budi Wiyana menambahkan, menjadi jawaban kuat terhadap tantangan-tantangan dalam mewujudkan ide-ide inovatif menjadi terapan nyata yang memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan inovator serta mengoptimalkan potensi di Kabupaten Tuban.

 

Selain itu, “Tuban Tekno” juga menjadi wadah bagi para inovator untuk mengembangkan ide-ide inovatif mereka, yang bertujuan untuk menginkubasi beragam karya inovasi, terutama yang berpartisipasi dalam gelaran Tuban Berinovasi (Tubernova). Proses inkubasi inovasi ini diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak, antara lain Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi terkait dukungan kegiatan yang relevan.

 

Kepada 50 peserta “Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2024” dan tamu undangan lain yang hadir, Sekda Budi Wiyana berharap agar tetap terus berinovasi tidak berhenti hanya di event Tubernova dan Tuban Tekno saja. “Ini hanyalah pemantik kecil dalam rangka mencapai sebagian kesuksesan, tetaplah berkarya,” tutupnya. (duc)

Comments are closed.