Dadi Suhajadi : Zaman Majapahit Tuban Sebagai Pusat Perdagangan

Kotatuban.com – Pada zaman kerajaan Majapahit Tuban sebagai pusat perdagangan. Sehingga, dengan menjadinya pusat perdagangan menjadikan ekonomi Tuban maju. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang (Kadin) Jawa Timur Bidang Organisasi, Dady Suhajadi pada pembukaan bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di area Ruko Merak, Jalan Prof DR KH Fatkhurrahman Kafrawi, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Selasa (11/4/2023).

 

“Tuban ini dulu sebagai pusat perdagangan zaman dulu, bahkan (sejak) saat masa Majapahit,” ujar Dady.

 

Dady sangat mengapresiasi perkembangan ekonomi yang ada di  Kabupaten Tuban, terutama di pantai di utara Tuban dengan kegiatan ekonomi yang besar.

 

“Kami berharap agar Kabupaten Tuban menjadi lokomotif gerakan UMKM dan mengajak dan mendorong pengurus agar mendorong apa yang menjadi ciri khas Kabupaten Tuban agar bisa bersaing di pasar luar Tuban,” paparnya

 

Sementara itu, Ketua Kadin Tuban, Mukaffi Makki, mengatakan, bazar ini melibatkan puluhan UMKM ini sedianya dilakukan selama 3 hari, tanggal 11- 13 April 2023. Diikuti 35 UMKM yang menggelar produk khas Tuban dan jajanan khas Ramadan.

 

“Supaya bazar UMKM meriah, pengurus Kadin Tuban juga menggelar Festival Al-Banjari (Fesban) dan santuan anak yatim piatu. Memanfaatkan momen Ramadan yang penuh Rahmat,” ungkapnya.

 

Mukaffi Makki, mengatakan Kadin Tuban baru saja di lantik pada tanggal 20 Maret 2023 kemarin. Pengurus baru masih perlu mengadakan  sosialisasi yang lebih intensif lagi, agar masyarakat lebih mengetahui apa itu Kadin.

 

“Di usia yang masih sangat dini ini kita masih perlu sosialisasi yang lebih intensif lagi,” ujar Gus Kaffi, sapaan akrabnya.

 

Alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Jombang ini menambahkan, Kadin merupakan mitra strategis pemerintah. Organisasi ini bukan organisasi abal-abal karena dilindungi oleh undang-undang Nomor 1 Tahun 1987.

 

Kaffi berharap agar para UMKM bisa memanfaatkan Kadin sebagai wadah koordinasi dan konsultasi dengan pemerintah. “UMKM silakan koordinasi ke kantor Kadin, guna konsultasi terkait peningkatan usaha,” imbuhnya. (duc)

Comments are closed.