Dapat Kucuran CSR SIG, Desa Temaji Gentol Lakukan Pemberdayaan Masyarakat

Kotatuban.com – Masyarakat Desa Temaji, Kecamatan Jenu sangat merasakan kebermanfaatan dengan adanya program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) GHoPO Tuban. Beberapa tahun terakhir banyak bermunculan usaha-usaha kecil yang disokong oleh program tanggungjawab sosial dan lingkungan dari perusahaan tersebut.

 

Koordinator Forum Masyarakat Kokoh (FMK) Temaji Berseri, Miftahul Mubarok, mengatakan bahwa beberapa tahun terakir banyak bermunculan usaha-usaha kecil yang dibantu oleh SIG. Apalagi  saat ini dana CSR dari perusahaan tersebut difokuskan untuk program pemberdayaan.

 

“Kegiatan CSR di Desa Temaji mulai tahun 2017 sudah kita fokuskan untuk pemberdayaan. Dan sampai saat ini masih banyak yang berjalan. Bahkan, sudah adanya memberikan Pendapatan Asli Desa (PAD),” ujarnya, pada serah terima program 2022, evaluasi kinerja FMK dan sosialisasi tata Kelola CSR 2023, Kamis (16/2/2023) dibalai desa setempat.

 

Menurutnya, salah satu usaha yang mendapatkan bantuan program dari SIG dan berjalan sangat baik yakni Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) Desa Temaji. Selain keberadaannya sangat dirasakan manfaatnya usaha milik desa ini juga semakin berkembang. “Setiap tahun HIPPAM ini juga dapat memberikan bantuan sembako kepada masyarakat. Selain itu, juga dapat memberikan PAD Rp 5 juta setiap tahunnya,” ujar Miftah.

 

Adalagi, lanjut Miftah mengatakan, usaha persewaan tractor pertanian. Tractor tersebut disewakan kepada para petani untuk membajak sawah. Hasil sewa tersebut selain untuk operasional juga mampu memberikan bisyaroh kepada ustad ustadzah TPQ yang berada di Desa Temaji.

 

“Karangtaruna Desa Temaji juga punya usaha tambal ban, dari usaha ini setiap bulannya bias memberi kas untuk organisasi Rp 1,5 juta sampai Rp 1,8 juta. Dan masih banyak usaha lain yang berada di desa ini bantuan dari perusahaan,” terangnya.

 

Manfaatnya program pemberdayaan dari perusahaan semen milik negara tersebut juga dirasakan Kasmuji. Pria yang bermata pencaharian sebagai petani itu bersyukur dengan adanya bantuan sumur bor untuk irigasi pertanian beserta saluran listriknya.

 

“Sumur bor ini sangat bermanfaat sekali untuk para petani, dan sangat membantu sekali saat petani butuh mengairi tanamannya. Selain itu, dengan adanya jaringan listik bantuan dari SIG juga banyak petani yang membuat sumur bor,” ujarnya.

 

Sementara itu, Nur Ida Rahayu, perwakilan Pemerintah Desa Temaji mengucapkan terimakasih kepada SIG yang telah memberikan berbagai progam untuk masyarakat. Sehingga, dengan program-program yang mayoritas pemberdayaan masyarakat tersebut secara otomatis akan meningkatkan ekonomi masyarakat.

 

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada FMK yang telah menjebatani antara SIG dengan masyarakat. Sehingga, program dari perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik,” katanya.

 

Pada kesempatan yang sama, Community Development Officer SIG GHoPO Tuban, Siswanto berharap kepada masyarakat dalam merencanakan program harus sesuai dengan potensi yang ada di desa tersebut. Dengan begitu program yang dibantu perusahaan akan berjalan dengan baik. “Kami minta masyarakat mengenali potensi desanya masing-masing, dengan begitu apa yang menjadi kebutuhan pokok dapat disusun melalui program terukur,” kata Siswanto di hadapan puluhan undangan.

 

Menurutnya, program-program yang digelontorkan oleh perusahaan merupakan usulan dari masyarakat melalui FMK desa setempat yang berkolaborasi dengan pemerintahan desa. pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan pengembangan program-program yang telah berjalan. “Pertemuan ini sekaligus sebagai evaluasi program CSR yang telah disalurkan dan mengetahui perkembangan program. Serta sebagai bentuk transparansi program CSR yang telah disalurkan,” pungkasnya. (Din)

Comments are closed.