Desa Tuwiri Kulon Terus Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Kotatuban.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak terus berupaya mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Salah satu  upaya yang dilakukan dengan mendorong kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bersumber dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban.

 

“Pada tahun 2023 melaksanakan berbagai program pemberdayaan yang bersumber dari SIG Pabrik Tuban. Diantaranya, pembangunan rest area, pemberian grobak kepada UMKM, pelatihan produksi keset, dan berbagai kegiatan lainnya,” ujar Koordinator Forum Masyarakat Kokoh (FMK) Jaya Sentosa, Desa Tuwiri Kulon, Dimyanto pada serah terima program tahun 2023 dan sosialisasi program CSR tahun 2024 di balai desa setempat, Selasa (4/6/2024).

 

Rencananya, untuk program pada tahun 2024 ini akan digunakan untuk pipanisasi air untuk kebutuhan masyarakat. dan kegiatan tersebut akan sharing dengan Dana Desa (DD). “Program ini penting untuk kami jalankan, agar masyarakat Tuwiri Kulon dapat terpenuhi kebutuhan air untuk sehari-hari,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Tuwiri Kulon, Darsilan mengucapkan terimakasih kepada Semen Indonesia, yang selama ini telah berkolaborasi dengan pihak desa secara baik. “Untuk meningkatkan atau mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Pemdes tidak bisa berjalan sendiri, harus didukung oleh semua pihak termasuk perusahaan,” tuturnya.

 

Menurutnya, pembangunan rest area yang beberapa tahun ini di support oleh SIG saat ini beberapa unit telah disewa oleh masyarakat untuk jualan. Rencana kedepan rest area tersebut akan didesain sebagai pusat oleh-oleh produk unggulan desa, tempat bermain anak, di jadikan destinasi wisata, dan lainnya. Tujuannya untuk membangkitkan perekonomian masyarakat desa dan membuka lapangan pekerjaan baru.

 

“Intinya CSR Semen Indonesia selama ini secara umum bisa dirasakan masyarakat, khususnya pemberdayaan. Masyarakat bisa ikut serta dalam pemanfaatan dana CSR dalam rangka peningkatan ekonomi,” ujarnya.

 

Terpisah, Senior Manager of Corporate Communication SIG Pabrik Tuban, Dharma Sunyata atas nama manajemen perusahaan mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang selama ini telah menjaga lingkungan dan bekerjasama dengan baik bersama perusahaan.

 

“Program CSR itu sifatnya hanya support dari program yang telah dicanangkan oleh masyarakat bersama pemerintahan desa. Untuk itu, hendaknya program itu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, dan potensi apa yang bisa dikembangkan di desa itu,” pungkasnya. (mun)

Comments are closed.