Fashion Show Gadis Pesisir Upaya Budayakan Batik Tuban

Kotatuban.com – Sejumlah remaja puteri berbusana batik khas Tuban dan dating dari berbagai wilayah di Tuban dan luar Tuban berlenggak lenggok di atas pasir Pantai Semilir Desa Socorejo, Kecamatan Jenu.  Mereka tengah berkompetisi mengikuti Fashion Show Gadis Pesisir Socorejo 2022, yang digelar di wisata pantai desa setempat.

 

Remaja puteri yang berprofesi sebagai model tersebut yang mewakili sejumlah salon, wedding organizer maupun secara pribadi ini, nampak anggun dengan balutan busana batik khas daerah Tuban andalan mereka. Dihadapan para penonton dan tamu undangan serta juri, mereka menunjukan penampilan terbaik mereka dengan berpose serta berjalan dengan anggun mengelilingi arena cat walk.

 

Pembina Kelompok sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Semilir Desa Socorejo, Zubas Arif Rahman Hakim menjelaskan, Fashion Show Gadis pesisir telah dua kali bergulir di pantai Semilir, kegiatan serupa pernah digelar pada 2020 lalu dengan. Selain sebagai media promosi wisata desa, kegiatan itu juga untuk mengenalkan batik khas Pesisir Tuban, dan meningkatkan minat masyarakat terhadap corak corak tradisional kain batik .

 

“Alhamdulillah kegiatan kami yang kedua cukup meriah dengan jumlah peserta mencapai 39 orang model. Ini selain dari Tuban sendiri ada yang dating dari Lamongan dan Bojonegoro,” kata Arif Rahman Hakim.

 

Arif yang ditemui dilokasi kegiatan mengaku berencana menjadikan kegiatan tersebut sebagai agenda tahunan. Menurutnya, kegiatan tersebut mampu menyedot datangnya wisatawan dari berbagai daerah, yang selanjutnya akan menggerakan ekonomi masyarakat di Kawasan wisata pantai semilir itu sendiri. Dan yang tidak kalah pentingnya kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya membudayakan batik khas Tuban.

 

“Multiplier Effect dari fashion show ini sangat baik, untuk mendrong ekonomi kecil dan menengah, bukan hanya warga sekitar namun juga untuk Kabupaten Tuban secara umum,” tandasnya. (duc)

Comments are closed.