ISSI Tuban Siapkan Bibit Atlet Muda Jelang Porprov Jatim 2023

Kotatuban.com – Puluhan pembalap pemula dari berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Tuban mengikuti kompetisi dalam ajang balap sepeda, Mountain Bike Cross Country (MTB XC), dalam rangka Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tuban ke tujuh, 2022.

 

Tidak hanya para pemula dan pelajar, Balap sepeda yang dilaksanakan di Kawasan Hutan Jati Koro, Desa Tuwiriwetan, Kecamatan Merakurak, dengan tema Sunday Morning Koro XC tersebut, juga di ikuti sejumlah pebalap dewasa dari berbagai komunitas sepeda di Tuban.

 

“Dari usia paling kecil yakni sekolah dasar Sederajad dan Sekolah menengah sederajad,” ujar Ketua Harian ISSI Tuban Feryzal.

 

Menurut Feryzal, batasan usia balap sepeda untuk ajang resmi yang diatur oleh federasi balap sepeda  16 tahun kebawah, artinya ISSI harus menjaring atlet dari usia yang paling muda agar tetap memiliki atlet pelapis untuk kompetisi Porprov maupun ajang lebih tinggi.

 

“Rata-rata Atlet yang kami ambil hanya mampu ikut satu kompetisi porprov, harapanya tahun ini kita memiliki bibit baru yang lebih banyak yang dapat kita bina untuk porprov mendatang,” katanya.

 

Sementara itu, Ketua Umum ISSI Tuban Gunadi mengungkapkan, Kabupaten Tuban sebenarnya memiliki potensi atlet sepeda yang dapat diandalkan. Merujuk pada sejarah prestasi balap sepeda di Tuban, dua nama pernah menjadi momok bagi lawan lawanya saat berlaga yakni Uyun dan edy keling.

 

“Kita punya sejarah yang bagus, sepeda juga olahraga rakyat, karena nyaris semua orang punya dan memiliki, kami yakin ISSI Tuban mampu berkiprah” kata Gunadi.

 

Gunadi berharap, ajang tahun ini mampu mencetak bibit baru untuk kompetisi lanjutan, sekaligus mampu memunculkan para atlit sebgai mesin pendulang prestasi untuk Kabupaten Tuban, dalam berbagai event perlombaan.

 

“Tentu saja target kami adalah menjadikan Tuban semakin moncer dengan prestasi balap sepedanya,” pungkas Gunadi. (duc)

Comments are closed.