Jaga Budaya Inovasi, SIG Gelar Innovation Award 2022

Kotatuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menggelar Innovation Award 2022. Kegiatan tahunan yang bertujuan untuk menumbuhkan budaya inovasi karyawan tersebut diikuti oleh 172 tim inovator dari SIG group dan anak usaha.

Pada Innovation Award 2022 ini ada 10 kategori. Untuk Kategori Produk & Bahan baku juara 1 diperoleh Tim Safety Alert dengan judul Safety Alert Bahan Bakar Alternatif. Kategori Teknologi & Proses Produksi juara 1 diperoleh Tim No Drop dengan judul Re-desain housing dan bearing untuk menghilangkan problem lubrikasi pada wobbler Feeder 232FE1 sebesar 58 % selama 1 tahun.

Kategori Manajemen – Plant juara 1 diperoleh Tim QMCC Eagle Ey dengan judul Optimasi pengawasan tambang berbasis tekhnologi digitalisasi melalui system terpadu Quarry Mining Command Center (QMCC). Kategori Managemen – Office juara 1 diperoleh Tim Grosso Modo dengan judul Optimasi RKAP Volume Produksi Terak dan Semen. Pabrik Tuban dengan menggunakan Metode Mixed Integer Linier Programming (MILP) Untuk Meminimalkan Biaya Produksi.

Kategori Gugus Kendali Mutu (GKM) – Office juara 1 diperoleh Tim Transformer 2022 dengan judul Analisis Kinerja Additive Semen dengan Metode Blank Test untuk Efisiensi Pembayaran Additive. Kategori Gugus Kendali Mutu (GKM) – Plant juara 1 diperoleh Tim Miner empire 2.2 dengan judul Efisiensi Biaya Peledakan dan Penyelesaian Keluhan Dampak Peledakan dengan Metode Nonblasting Ripping Dozing dan Direct Digging pada Area Dekat Pemukiman Warga Sekitar Quarry Batu Gamping.

Kategori Proyek Kendali Mutu (PKM) – Office juara 1 diperoleh Tim CF-Lab dengan judul Efisiensi Biaya Produksi Dengan Melakukan Optimallisasi Kualitas Produk Untuk Menurunkan Clinker Factor Semen Zero. Kategori Proyek Kendali Mutu (PKM) – Plant juara 1 diperoleh Tim Kompak dengan judul Memperpanjang Lifetime Dan Mengurangi Penambahan Pelumas Dengan Modifikasi System Sirkulasi Oli Pada #547/8Cl1.

Kategori Sistem Saran (SS) – Office juara 1 diperoleh Tim Warsimin dengan judul Aplikasi Laporan Daily Report Stock Bahan Dan Produksi. Kategori Sistem Saran (SS) – Plant juara 1 diperoleh Tim Duo Wow dengan judul Menghilangkan Down Time Kiln Tuban 4 Akibat Kavitasi Pada Equipment 444Gs1 Pompa Gear Spray Kiln Tuban 4 Sebesar 100% Dalam Waktu 4 Bulan. Sedangkan untuk Best of The Best diperoleh Tim Safety Alert dengan judul Safety Alert Bahan Bakar Alternatif.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh karyawan yang telah mengikuti ajang inovasi ini. Dan selamat kepada para pemenang,” ungkap Human Capital & General Affair Director SIG, Agung Wiharto pada pengunguman pemenang Innovation Award 2022 di Ruang Auditorium KPSG, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Menurutnya, dalam konteks transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) inovasi adalah keharusan karena membuat bisnis lebih hemat, cepat, mudah, dan melangkah jauh sehingga menjadikan perusahaan lebih sustain dan tumbuh.

“Melalui inovasi-inovasi yang dicetuskan karyawan perusahaan dapat memperoleh efisiensi yang cukup besar dalam jangka panjang,” ujarnya.

Lebih lanjut Agung Wiharto mengatakan, bahwa kondisi perusahaan persemenan jauh berbeda antara dulu dengan sekarang. Dulu perusahaan semen masih terbatas sehingga produksi semen berapapun akan habis dan diserap pasar. Namun, saat ini jauh berbeda perusahaan semen semakin banyak, sehingga persaingan pasar semen semakin ketat. “Untuk itu, inovasi ini sangat diperlukan untuk keberlangsungan perusahaanagar tetap sustain,” tuturnya.

Sementara itu, GM of Corporate Learning & Development SIG, Muhamad Ikrar mengatakan bahwa kegiatan inovasi untuk karyawan ini telah dilaksanakan sejak tahun 2010. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat karyawan agar berinovasi dan menumbuhkan ide-ide baru demi keberlangsungan perusahaan.

“Perubahan industri saat ini sangat cepat. Tidak ad acara lain untuk tetap bertahan dan mampu bersaing selain dengan berinovasi. Kami berharap karyawan terus dapat berinovasi untuk menjadikan lingkungan kerjanya lebih baik. Sehingga, SIG nantinya akan menjadi perusahaan yang sustain dan mampu bersaing,” pungkasnya. (rto)

Comments are closed.