Jelang Ramadhan Pemkab Tuban Gelar Pangan Murah

Kotatuban.com – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H Pemkab Tuban melalui Dinas Ketahanan Pangan  Pertanian dan Perikanan (DKP2KP) bekerjasama Badan Pangan Nasional serta Bulog, menggelar Gelar Pangan Murah berkualitas untuk menstabilkan harga ditingkat bawah. Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE meninjau langsung pelaksanaan Gelar Pangan Murah berkualitas yang dilaksanakan di Kantor  Desa Wadung Kecamatan Jenu. Rabu (15/3/2023).

 

Dalam kesempatan tersebut, Mas Lindra meninjau stan minyak goreng, beras dan lainnya untuk memastikan stok yang disediakan mencukupi.  “Kita gelar pasar murah ini agar fluktuasi tidak terjadi secara signifikan,” ucapnya.

 

Dalam gelar pangan murah berkualitas kali ini juga menggandeng beberapa kelompok tani binaan dari OPD. Melalui koordinasi semua pihak, para kelompok petani binaan dapat memasarkan hasil produk mereka seperti beras, sayuran, dan telur. “Kita libatkan lima gapoktan, yaitu gapoktan Tani makmur, KWT gading, Gapoktan Sri rejeki, Gapoktan Dwitunggal, dan Gapoktan Ngadimulyo,” sebut Mas Lindra.

 

Sementara itu, Kepala Desa Wadung Sasmito berterimakasih Gelar Pasar Murah dilaksanakan di Desa Wadung. Menurutnya,  Masyarakat sangat terbantu dengan adanya pasar murah tersebut. “Apalagi ini menghadapi bulan puasa, kebutuhan belanja pasti meningkat, kalua bisa acara seperti ini bisa dilaksanakan paling tidak tiga bulan sekali,” kata Sasmito.

 

Salah seorang warga, Sri Lestari mengaku terbantu dengan Gelar Pangan Murah ini. “Saya beli minyak, cabai, tomat, dan beras, bedanya lumayan murah, jadi seneng,” ungkapnya.

 

Begitupun dengan Supinah, yang memborong minyak dan bawang merah. Ia berharap pangan murah bisa dilakukan lebih sering. “Ini sangat membantu masyarakat Wadung,” ucapnya.

 

Adapun bahan pangan yang disediakan beras medium petani sebanyak 3000 kg, ukuran 5kg dengan harga  Rp. 50.000 per/kg.  Kemudian  beras SPHP sebanyak 2000 kg dengan harga Rp. 47.250 per/kg.  Cabai keriting dengan stok 17,5 kg,  cabai merah 20 kg, dengan harga Rp. 8500 per ¼ kg . Kemudian Cabe hijau besar dengan stok 2,5 kg dengan harga Rp. 5.000 per ¼ kg,  cabe rawit campur dengan stok 25 kg, harga Rp. 10.000 per  ¼ kg. Cabe rawit hijau stok  3 kg , harga Rp. 7500 per ¼ kg. Kemudian tomat stok  50 kg dengan harga Rp. 3500 per ½ kg.

 

Bawang merah stok 300 kg dengan  harga Rp. 26000/ kg.  Minyak Goreng 600 bungkus denagn harga Rp. 13.500 per bungkus. Gula pasir kemasan stok 200 bungkus dengan harga Rp.13.500 , gula pasir kiloan harga Rp.12.700/kg dengan stok 200 kg dan telur dengan stok  50 kg,  dengan harga Rp.27.000 /kg.

 

Ada pula ikan asapan dengan harga mulai 15 hingga 25 ribu rupiah hasil dari pada nelayan Kecamatan Jenu. (duc)

Comments are closed.