Komitmen Jalankan K3, SIG Pabrik Tuban Gelar Mining Safety Days

Kotatuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban berkomitmen untuk konsisten menjalankan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam operasionalnya. Oleh karena itu, pada puncak peringatan Bulan K3 kali ini menggelar kegiatan dengan bertajuk Mining Safety Days. Pada kegiatan tersebut dilaksanakan jalan sehat bersama pimpinan perusahaan, karyawan, dan anak usaha. Selain itu, juga dihadiri dari Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur.

Tidak hanya melaksanakan kegiatan jalan sehat, pada acara yang digelar di area reklamasi tambang batu kapur tersebut tersebut juga dirangkai dengan penanaman pohon, simulasi pemadaman kebakaran lalu diakhiri penandatanganan  komitmen bersama tentang penerapan aspek keselamatan kerja, yang diikuti seluruh perwakilan top managemen SIG Pabrik Tuban, dan anak usaha.

“Peringatan Bulan K3 ini menjadi moment strategis untuk kembali mengingatkan pentingnya keselamatan kerja, juga menjadi momentum meningkatkan kesadaran pekerja dalam aspek K3,” ujar Ketua Panitia Kegiatan Eko Purnomo.

Pria yang menjabat sebagai Manager of Land Reclamation itu mengatakan, peringatan Bulan K3 pada  tahun 2022 ini mengusung tema “Penerapan Budaya K3 pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi”  terkait hal itu pengawasan pertambangan akan dilakukan secara digital diantaranya dengan pemasangan alat keselamatan berupa speed limit indikator yang mampu memantau kecepatan kendaraan tambang, mining eye teknologi yaitu pemantauan operasional pertambangan secara jarak jauh dan dash cam di setiap unit kendaraan tambang untuk mengetahui aktifitas para pekerja saat berada didalam kendaraan.

“Disamping itu ada juga detektor kelelahan yang mampu mendeteksi pekerja melalui sensor retina mata, untuk mencegah kecelakan kerja, akibat pekerja yang sudah terlalu lelah,” sambung Eko.

Lebih lanjut Eko mengatakan, pada sepanjang tahun 2021 di area tambang tidak ada kecelakaan kerja. Dia berharap seluruh insan SIG mampu menanamkan nilai budaya K3 dari diri sendiri dan menjadi stimulus bagi lingkungan yang mampu membentuk budaya responsif K3. SIG berkomitmen menciptakan lingkungan kerja yang aman, dan nyaman bagi seluruh karyawan, tamu perusahaan dan kontraktor, serta semua yang ada di area operasional perusahaan.

“K3 tidak hanya selogan tapi juga menyatu erat dengan budaya kerja di perusahaan. Karena itu penting bagi perusahaan, karyawan dan lingkungan,” imbuhnya.

Sementara itu, EVP of Plant Operational SIG Pabrik Tuban, Subhan, mengapresiasi acievment yang diterima perusahaan terkait inovasi dan safety yang dilaksanakan dalam operasionalnya. Beberapa penghargaan seperti penghargaan utama aspek pertambangan dari kementrian ESDM dan Subroto award dalam aspek lingkungan, membuktikan budaya K3 sudah dijalankan dengan baik di lingkungan kerja perusahaan.

“Ini menandakan jika K3 telah menjadi budaya dan secara realitas dijalankan dan menjadi budaya dan komitmen bersama. Dan terus lakukan improvement untuk safety,” pungkasnya. (rto)

Comments are closed.