Kreatif, Narapidana Lapas Tuban Sulap Mobil Lawas Jadi Berkelas

Kotatuban.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban terus menggalakan kegiatan pembinaan skill warga binaannya. Salah satunya dengan melakukan pembinaan kemandirian sebagai bekal saat bebas nanti. Bengkel Kerja Lapas Tuban salah satu tempat warga binaan menuangkan kreatifitasnya, Rabu (3/5/2023).

 

Salah satu Narapidana berinisial (RA) mampu mengubah mobil Colt T 120 keluaran tahun 1977 menjadi barang baru lagi. Pria asli Kediri tersebut merupakan montir sekaligus supir truk sebelum dirinya tersandung kasus narkoba 3 tahun silam.

 

RA memang tidak berpenampilan layaknya mekanik beneran. Dirinya menggunakan seragam khusus bengkel kerja. Maklum, statusnya masih narapidana. Namun, urusan kualitas garapan, mereka tidak kalah canggih. Servis biasa hingga turun mesin dirinya mampu.

 

Dirinya mengaku keahlian mekaniknya bila tidak diasah terus lama kelamaan akan lupa. Oleh karenanya, dirinya rutin mengupgrade keahilannya melalui servis mobil ataupun motor di Lapas Tuban.

 

“Sebenarnya rakit-rakit mobil ini juga capek, tapi lumayan daripada mengganggur di kamar. Toh juga dapat makan dan rokok dari petugasnya. Siapa tahu nanti setelah keluar saya bisa buka bengkel sendiri,” ujar RA.

 

Sementara itu, Kepala Seksi Kegiatan Kerja Kariyono menjelaskan adanya bekal keterampilan ini minimal para napi memiliki skill yang bisa dimanfaatkan untuk napi lainnya ataupun masyarakat umum ketika mereka sudah bebas nanti.

 

“Kita terus kembangkan kemampuan mereka, apa saja keahliannya bisa dituangkan di bengkel kerja.” tutup Kariyono. (duc)

Comments are closed.