Lapas Tuban Berikan Keterampilan Kepada 60 Warga Binaan

Kotatuban.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur memberikan keterampilan atau keahlian kepada 60 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Bahkan, nantinya para WBP ini bakal mendapatkan sertifikat keahlian. Sertifikat tersebut bisa menjadi modal untuk mencari pekerjaan atau membuka usaha setelah keluar dari Lapas nanti.

60 WBP tersebut mengikuti pembinaan dan pelatihan kemandirian bersama Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tuban. Pembukaan pelatihan pembinaan kemandirian atau pelatihan kerja gelombang dua tersebut dilaksanakan, Rabu (26/10/2022).

Pada kesempatan kali ini ada tiga pelatihan kerja yang dilaksanakan yaitu menjahit, sablon dan tata boga. Peserta pelatihan akan dilatih oleh instruktur ahli dan mumpuni di bidang masing-masing. Selain itu, peserta akan mengikuti pelatihan sesuai bakat dan minat masing-masing.

Kalapas Tuban Siswarno yang menyampaikan terimakasih kepada BLK yang bersedia membina dan melatih warga binaan. Siswarno juga menyampaikan kepada Warga Binaan yang mengikuti pelatihan agar bersungguh-sungguh dalam pelatihan agar hasil ilmu yang didapat bisa bermanfaat ketika keluar dari Lapas.

“Saya berpesan kepada seluruh warga binaan untuk bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini. Agar nantinya bisa menjadi bekal saat telah keluar dari Lapas Tuban,” ungkapnya.

Sementara Kepala BLK Tuban Takhiyat mengapresisi dan mendukung penuh pembinaan dan pelatihan kerja kepada WBP. Dia berharap agar ke depannya setelah mendapat keahlian, para WBP setelah keluar dari Lapas dapat bekerja sesuai dengan kompetensi mereka yang telah didapatkan melalui pelatihan ini.

“Semoga apa yang kita berikan ini dapat bermanfaat untuk para warga binaan,” pungkasnya. (duc)

Comments are closed.