Masjid Polres Tuban Terbersih dan Tersehat di Jawa Timur

Kotatuban.com – Masjid Baitul Mu’min yang berada dilingkungan Polres Tuban dinobatkan menjadi masjid terbersih dan tersehat di Jawa Timur. Masjid ini dinobatkan sebagai juara 1 se-Jawa Timur kategori masjid yang sehat dan bersih dalam ajang Masjid Award Propinsi Jawa timur tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Yayasan Demasindo Jawa Timur.

Dalam ajang penilaian tersebut Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Tuban mengirimkan 4 nominasi. Di antaranya Masjid Agung Tuban dengan kategori arsitektur masjid terbaik dan bersejarah, Masjid Manarul Walidain Bina Anak Sholeh (BAS) Tuban dengan kategori pemberdayaan ekonomi masjid terbaik.

Kemudian Masjid Baitul Mu’min Polres Tuban dengan kategori sehat dan bersih serta Masjid Besar Husnul Khotimah Merakurak kategori manajemen masjid terbaik. Keempat masjid tersebut dilakukan asesmen lapangan oleh para juri dari Demasindo Propinsi Jawa timur pada tanggal 2-5 Desember.

Dari empat nominasi itu, dua di antaranya yakni Masjid Baitul Mu’min Polres Tuban dan Masjid Besar Husnul Khotimah Kecamatan Merakurak lolos tahap selanjutnya. Keduanya mengikuti tahap presentasi yang dilaksanakan pada hari selasa (13/12/2022) bertempat di gedung Islamic Center Surabaya. Kedua masjid tersebut bersaing dengan 5 masjid lainnya di masing-masing kategori.

Usai pelaksanaan tahap presentasi, pada Rabu (14/12/2022) Masjid Baitul Mu’min Polres Tuban dinyatakan terpilih menjadi juara 1 kategori masjid sehat dan bersih oleh Demasindo Propinsi Jawa Timur.

Masjid Baitul Mu’mi mengalahkan 5 masjid lainnya yakni Masjid Bani Solan Kabupaten Magetan, Masjid Jami Baitus Salam Kabupaten Gresik, Masjid Al-Fattah Kabupaten Tulungagung, Masjid Putih Daarusshalikhin Kota Batu serta Masjid Mujahidin Kota Madiun.

Sementara Masjid Besar Husnul Khotimah Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban meraih juara 2 kategori manajemen masjid terbaik.

Ketua Takmir Masjid Baitul Mu’min AKP Chakim Amrullah, mengatakan tim juri dari Dewan masjid Propinsi Jawa timur turun langsung untuk melakukan penilaian pada masjid-masjid yang telah ditunjuk. “Alhamdulillah masjid Polres Tuban dapat juara 1 kategori masjid sehat dan bersih se-Jawa Timur,” ucap Chakim

Dengan mendapatkan predikat masjid terbersih dan sehat selaku ketua takmir ke depannya akan meningkatkan kualitas kebersihan di lingkungan masjid dengan menggandeng pihak yang berkompeten. “Ke depan kita akan menggandeng pihak yang berkompeten dalam mengelola kebersihan baik di dalam maupun di luar masjid. Sebagai langkah antisipasi bilamana nanti ditunjuk dalam ajang Masjid Award tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Timur,” tambahnya.

Sementara itu Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya, memberikan apresiasi atas terpilihnya Masjid Baitul Mu’min sebagai masjid kategori bersih dan sehat dalam nominasi Masjid Award Propinsi Jawa timur tahun 2022.

Perwira Polisi asal Banyuwangi itu menuturkan selain anggota Polres Tuban, bahwa Masjid Baitul Mu’min tersebut juga terbuka untuk masyarakat umum yang ingin melaksanakan Ibadah. “Meskipun letaknya di dalam Mapolres namun masjid Baitul mu’min ini juga dibuka untuk umum. Kami persilahkan bagi masyarakat yang yang akan melaksanakan ibadah di masjid ini,” terangnya.

Ia berharap penghargaan yang diberikan kepada Masjid Baitul Mu’min mampu menumbuhkan motivasi personel Polres Tuban khususnya yang beragama Islam untuk lebih taat beribadah serta dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Semoga dengan predikat ini dapat mendorong segenap personel Polres Tuban untuk lebih taat beribadah serta semakin semangat dalam memakmurkan Masjid ini” harap Kapolres alumni Akpol 2000 itu. (duc)

Comments are closed.