Persangingan Kian ketat, SIG Dorong Karyawan Berinovasi

Kotatuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkomitmen untuk menjadi perusahaan penyedia bahan bangunan yang terkemuka di tingkat regional. Salah satu caranya dengan terus mendorong karyawannya untuk melakukan inovasi dalam berbagai bidang.

Hal tersebut disampaikan oleh Human Capital & General Affair Director SIG, Agung Wiharto pada SIG Innovation Award 2023 yang digelar di Ruang Auditorium Lantai 2 Kantor Pusat Semen Gresik (KPSG) Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek.

“Saat ini perkembangan industri semen sangat luar biasa, banyak perusahaan semen asing dan swasta yang berdiri di negeri kita ini. Sehingga, untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat saat ini kita harus selalu berinovasi,” ungkapnya di depan ratusan para inovator.

Agung Wiharto, mengungkapkan bahwa banyak perusahaan yang gagal bersaing karena enggan melakukan inovasi yang berakhir dengan kolaps. Kemudian dia mencontohkan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang elektronik yang persaingannya sangat dinamis.

“Jangan sampai kita kalah bersaing karena puas dengan kondisi kita saat ini. Perusahaan semen sekarang jangan disamakan dengan 10 atau 15 tahun yang lalu, sangat jauh perbedaannya,” tandas Agung.

Menurutnya, dalam konteks transformasi Sumber Daya Manusia (SDM), inovasi adalah suatu keharusan karena membuat bisnis lebih hemat, cepat, mudah, dan melangkah jauh agar menjadikan perusahaan lebih sustain dan tetap tumbuh. “Melalui inovasi-inovasi yang dicetuskan karyawan perusahaan dapat memperoleh efisiensi yang cukup besar dalam jangka panjang,” ujarnya

Pada kesempatan itu, EVP of Plant Operational SIG GHoPO Tuban, Muchamad Supriyadi juga menyampaikan, dengan innovation award ini, penghargaan yang dilakukan oleh perusahaan merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan semangat bagi seluruh insan SIG untuk tak henti-hentinya melakukan inovasi atau improvement.

“Inovasi yang telah dilakukan oleh insan SIG ini bukan yang rencana akan dilakukan melainkan sesuatu yang telah berhasil dilakukan untuk kebaikan perusahaan. Dan semoga ke depan akan lebih banyak lagi inovator-inovator  yang tumbuh dari SIG,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, GM of Corporate Learning & Development SIG, Muhamad Ikrar menerangkan bahwa kegiatan innovation Award bagi para inovator ini telah dilaksanakan sejak tahun 2010. Kegiatan ini bertujuan untuk memacu semangat karyawan untuk terus berinovasi dan menumbuhkan ide-ide baru demi keberlangsungan perusahaan.

“Pada tahun ini, jumlah inovator yang terdaftar sebanyak 720 peserta dari internal SIG, baik yang berada di Gresik, Tuban, dan Jakarta. Untuk judul inovasi ada 200 judul. Dan inovasi pada tahun ini mengalami kenaikan 17% dibandingkan tahun lalu,” terangnya.

Lebih lanjut Muhamad Ikrar menyampaikan bahwa untuk para inovator yang mendapatkan juara nantinya akan diikutkan pada kompetisi inovasi SIG Group. Kemudian yang mendapatkan juara pertama akan diikutkan untuk mengikuti ajang inovasi tingkat nasional. Apabila lolos akan dilanjutkan pada ajang internasional. “Untuk yang lolos inovasi tahun ini saya ucapkan selamat, dan yang belum lolos untuk terus semangat dan mengikuti kompetisi inovasi lagi di tahun depan,” tandasnya.

Diketahui, pada SIG Innovation Award tahun 2023 ini kategori Teknologi & Inovasi juara pertama diperoleh tim Wisanggeni dengan judul Optimasi Kinerja Pembakaran Kiln Melalui Prediksi Freelime. Untuk kategori Managemen juara pertama diperoleh tim Hybrid D’motions dengan judul Implementasi Hybrid Operation Management Model untuk Mencapai Efisiensi Biaya Pemeliharaan dengan Studi Kasus pada Efisiensi Biaya Pemakaian Firebrick Senilai Rp. 101 M dalam Waktu 2 Tahun.

Untuk kategori Gugus Kendali Mutu – Office juara pertama diperoleh tim Progressive Lab dengan judul Automation XRD Test with LAUNCH Methode for Ecellenct Analysis, sedangkan kategori Gugus Kendali Mutu – Plant juara pertama diperoleh tim Set Limits dengan judul Optimasi Pemakaian Generated Steam dengan Menurunkan Batas Syncron & Unsyncron Generator WHRPG.

Kategori Proyek Kendali Mutu – Office juara pertama diperoleh tim  SIG Kiln Academy dengan judul Upskilling Central Room Operator (CRO) Kiln and Reskilling Future CRO Kiln Program Through Learning Based Simulation (Gamification) in SIG Group for 6 Months. Kategori Proyek Kendali Mutu – Plant juara pertama diperoleh tim PKM by Pass dengan judul Modifikasi Chute 243BC5 untuk Saving Maintenance Cost Sebesar 2,9% dan Electricity Sebesar 18.000 Kwh Selama 30 Minggu.

Selanjutnya Kategori Sistem Saran – Office juara pertama diperoleh tim Karya Citra Mandiri II dengan judul Digitalisasi Navigasi Pemetaan dan Mapping Peta Pertambangan SIG dengan Aplikasi Avenza Maps. Dan Kategori Sistem Saran – Plant juara pertama diperoleh tim Ndependman dengan judul Menghilangkan Potensi Kerusakan DS dan NDS Trafo Line 1 Akibat Short Circuit yang Terjadi karena Tidak Ada Interlock Proteksi Pengoperasin  DS dan NDS  Lewat Panel Control Sebesar 100% dengan Cara Penambahan Wiring Control Selama 1 Tahun.

Sedangkan, pada SIG Innovation Award 2023 Best of The Best diperoleh tim PKM by Pass dengan judul Modifikasi Chute 243BC5 untuk Saving Maintenance Cost Sebesar 2,9% dan Electricity Sebesar 18.000 Kwh Selama 30 Minggu. (rto)

Comments are closed.