Ratusan CJH Ikuti Pemantapan Manasik Haji Yang di Selenggarakan SIG Pabrik Tuban


Kotatuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) Pabrik Tuban memberikan bimbingan manasik haji kepada ratusan calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Tuban. Pembukaan bimbingan manasik haji dilaksanakan di Gedung Graha Sandiya, Komplek Perumdin SG, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Rabu (10/1/2024) malam.

 

Kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahun oleh perusahaan ini bekerjasama dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban. Adapun, dalam bimbingan manasik ini dibagi dalam lima sesi. Yakni pada 10 Januari 2024 calon jamaah haji akan mendapatkan materi Hikmah Haji yang akan disampaikan oleh Dr. KH. Abdul Kholiq Hasan, M.Hi, dari Jombang.

 

Kemudian pada 17 Januari 2024 materi Thoharoh dan Sholat Jama’qoshor dengan pembicara KH. Jauhari Fahmi, dari Senori, Tuban. Dan materi Fiqhunnisa’fil Hajj dengan pembicara Umi Kulsum, S.Ag, M.Pd.I dari Plumpang, Tuban. Selanjutnya, pada 24 Januari 2024 calon jamaah haji akan mendapatkan materi Haji Tamattu’ dengan pembicara KH. M. Achmad Ainul Yakin dari Kingking, Tuban. Pada 31 Januari 2024 materi serba serbi haji dengan pembicara Dr. H. Muhammad Latholf Ghozali, Lc., MA, dari Surabaya. Terakhir pada 3 Maret 2024 para calon jamaah haji akan diajak peraktik haji Tamattu’.

 

“InsyaAllah kuota haji tahun 2024 ini Kabupaten Tuban sekitar 1.334 jamaah yang terdiri dari peserta regular, tambahan regular, dan cadangan. Dan malam ini yang mengikuti pada malam hari ini ada 694 jamaah. Kami berharap kepada semua calon tamu Allah ini dapat mengikuti bimbingan yang diselenggarakan oleh SIG,” ungkap, EVP of Plant Operational SIG Pabrik Tuban Muchamad Supriyadi, pada pembukaan manasik haji.

 

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan SIG sebagai bentuk keperdulian dan kontribusi perusahaan kepada masyarakat. Harapannya, dengan dibekalinya pengetahuan syarat, rukun, dan serba serbi haji ini kepada calon jamaah haji dapat menjalankan rukun islam yang ke lima dengan baik dan benar. Sehingga, bisa menyandang gelar haji yang mabrur.

 

“Semoga apa yang telah diberikan oleh perusahaan ini dapat mendukung kelancaraan dalam menjalankan ibadah haji di Tanah Suci nanti,” harapnya.

 

Muchamad Supriyadi juga berharap kepada seluruh calon jamaah haji saat di Tanah Suci nanti untuk turut mendoakan perusahaan agar diberikan kelancaran dalam operasionalnya, sehingga perusahaan dapat memberikan nilai manfaat yang lebih baik lagi bagi masyarakat sekitarnya.

 

“Kami berharap para calon jamaah haji juga menyelipkan doa untuk SIG agar tetap unggul menghadapi segala tantangan di era industri persemenan yang semakin kompetitif ini, agar dapat meningkatkan pula kontribusi positif kepada masyarakat sekitarnya,”  tandasnya.

 

Sementara itu, Plt Kepala Kemenag Tuban, Drs. Moh. Qosim mengucapkan ribuan terimakasih kepada SIG yang telah memberikan berbagai fasilitas dan bekal ilmu manasik haji kepada calon jamaah haji asal Tuban. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Semen Indonesia yang telah istiqomah setiap tahun menyelenggarakan manasik haji. Dan ini sangat membantu calon jamaah,” ungkapnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Qosim juga berpesan kepada seluruh calon jamaah haji asal Kabupaten Tuban untuk serius mengikuti pemantapan manasik haji yang diselenggarakan perusahaan. Selain itu, juga untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang telah dijadwalkan. “Dan mari kita doakan agar Semen Indonesia semakin maju lagi,” pungkasnya. (rto)

Comments are closed.