Ratusan Pesilat Pagar Nusa Tuban Adu Jurus Pada Kejurcab IV

Kotatuban.com –  Ratusan Atlet pagar nusa di Kabupaten Tuban nampak memenuhi Gedung Tennis Indoor Tuban, Rabu (1/2/2023). Pesilat terbaik dari 20 Pimpinan Anak Cabang (PAC) itu bakal adu jurus dan ketangkasan pada Kejuaran Cabang keempat (Kejurcab IV) yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang (PC) Perguruan Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Tuban.

 

Kejurcab IV tahun ini akan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu mulai 1 Februari  hingga 3 Februari 2023. 282 pesilat yang berasal dari 20 kecamatan dan 2 UKM bakal mengikuti kejuaraan tersebut. “Alhamdulillah tahun ini kami bisa menggelar Kejurcab, setelah 3 tahun tidak bisa menggelar,” ujar Ketua PC PSNU Pagar Nusa Tuban, Abdul Mujib.

 

Ajang bergengsi bagi pesilat NU tersebut selain bertujuan menjaring atlet pencak silat dari Pagar Nusa, juga sebagai ajang silaturahmi para pengurus dan warga Pagar Nusa se Kabupaten Tuban. Dalam kejuaraan tingkat Kabupaten ini, terdapat berbagai kelas yang dipertandingkan mulai dari kelas pra remaja, remaja, hingga dewasa, serta ada kelas seni gerakan.

 

Mujib sapaan akrabnya berharap dengan diselenggarakannya Kejurcab, nantinya atlet pagar nusa di Kabupaten Tuban bisa berprestasi di event yang ada di Jawa Timur maupun Nasional. “Semoga nantinya atlet pagar nusa bisa mewarnai kejuaraan di event Provinsi atau nasional,” tambah pria ramah ini.

 

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban, Mirza Ali Manshur yang turut hadir di pembukaan ini, sangat mengapresiasi kegiatan positif ini. Ia berharap dengan digelarnya Kejurcab nantinya akan muncul bibit atlet berprestasi di cabang olahraga pencak silat.

 

“Dengan diselenggarakan kejuaraan ini semoga nantinya lahir atlet berprestasi yang akan masuk di cabang olahraga Pencak silat,” ujar Mirza.

 

Menurut Mirza, potensi atlet-atlet pencak silat di Kabupaten Tuban sangatlah besar. Sebab, selama ini telah banyak lahir atlet di cabang olahraga lain yang berprestasi di Porprov yang memiliki latar belakang dari pencak silat.

 

“Melihat potensi besar ini Koni akan terus menjaga komunikasi dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia atau disingkat (IPSI) untuk mencari bibit baru yang berprestasi di Kabupaten Tuban,” pungkasnya. (duc)

Comments are closed.