RPS Sukses Gelar Fun Ran 7 K

Kotatuban.com – Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) Tuban sukses menggelar Fun Ran 7 K. Kegiatan Fun Run 7  kilometer yang digelar oleh perkumpulan wartawan Tuban tersebut merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 yang digelar area wisata Sendang Asmoro, Desa Ngino, Kecamatan Semanding, Minggu (26/2/2023)

 

Selain Fun Run, RPS juga memberikan santunan kepada 100 anak yatim dan penanaman tanaman produktif sebanyak 1.000 pohon. Kegiatan tersebut juga sekaligus bertujuan untuk mengenalkan wisata yang ada di kabupaten Tuban kepada masyarakat luas.

 

Ketua RPS Tuban Khoirul Huda mengatakan, kegiatan yang berjalan sukses ini tidak terlepas dari banyak dukungan dari banyak pihak, seperti dari Pemkab Tuban, dari perusahaan yang menjadi sponsorship, donatur dan tak lupa pemerintah Desa Ngino serta pengelola Wisata Sendang Asmoro. ”Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu kegiatan ini,” ujar Huda dalam sambutan.

 

Wartawan senior tersebut mengatakan, setiap kegiatan peringatan HPN RPS selalu melakukan penanaman pohon. Kegiatan ini sebagai bentuk peran wartawan menyatu dengan alam. ”Jadi kami memiliki jargon bersama Gemar Menanam, Enggan Menebang,” bebernya.

 

Demi menjaga pohon yang telah ditanam dijaga juga dilakukan MoU antara RPS, Bupati, Pengelola Wisata Sendang Asmoro dan Pemerintah Desa Ngino. Harapannya dengan MoU tersebut pohon akan dijaga dengan baik. ”Kami tidak mau setelah tanam ini, kemudian ditinggal,” pintanya.

 

Selain ditanam di daerah wisata dan Desa Ngino pihaknya juga mempersilahkan peserta Fun Run untuk membawa pulang bibit untuk ditanam sendiri.

 

Selain wujud cinta pada alam. Wartawan senior ini menyampaikan, bahwa tanam pohon dan pemberian santunan pada anak yatim adalah sebagai bentuk tanggungjawab insan media. Selain itu, juga untuk berbagai kepada anak-anak yang kurang beruntung. ”Ini juga tindakan kami dalam memberikan contoh,” tutupnya.

 

Sementara itu, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzki mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh RPS ini. ”Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh teman-teman wartawan yang tergabung dalam RPS,” ujarnya.

 

Menurut bupati muda ini, RPS selalu konsen dalam kegiatan sosial. Seperti santunan anak yatim yang merupakan bentuk dari perhatian RPS terhadap masyarakat yang tidak mampu.

 

Kemudian lanjut Mas Bupati, RPS juga menaruh perhatian terhadap lingkungan. ”Itu dibuktikan dengan penanaman 1.000 pohon tanaman produktif,” imbuhnya.

 

Menurutnya, RPS juga turut andil dalam kegiatan olahraga dengan digelarnya Fun Run. Kegiatan yang diinisiasi RPS tersebut membuktikan kepedulian insan media terhadap dunia olahraga. “Ini adalah bentuk konkrit RPS ikut Pemkab membangun Tuban lebih baik lagi,” tutupnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Tuban Arif Handoyo menambahkan, kegiatan Fun Run 7 K ini diharapkan menjadi event tahunan, bahkan diharapkan nanti semakin besar. ”Harapannya nanti bisa digelar Fun Run tingkat provinsi,” harapnya.

 

Tentu pelaksanaannya nanti bisa diselenggarakan dengan dukungan dari Pemkab Tuban maka nantinya akan menghasilkan acara yang luar biasa.

 

Untuk diketahui kegiatan Fun Run diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah, selain dari Tuban jug adiikuti kabupaten lain seperti dari Kabupaten Bojonegoro, Blora, Sidoarjo, Lamongan, dan dari berbagai daerah lainnya. (duc)

Comments are closed.