SIG Pabrik Tuban Berkomitmen Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat

Kotatuban.com – Melalui berbagai program Corporate social responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, utamanya yang berada diwilayah pengembangan perusahaan.

 

Melalui Forum Masyarakat Kokoh (FMK), yakni lembaga yang dibentuk perusahaan untuk menampung aspirasi program dari masyarakat, berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dilakukan oleh perusahaan semen milik negara tersebut. Pemberdayaan masyarakat salah satunya dilaksanakan di Desa Mliwang, Kecamatan Kerek.

 

“Ada berbagai program pemberdayaan yang dilaksanakan di Desa Mliwang pada tahun 2023 melalui program CSR SIG. Seperti pembangunan aula tempat wisata, pengembangan UMKM, ternak kambing. Untuk ternak kambing ini ada 134 keluarga yang kita kasih, saat ini jumlah kambingnya sudah mencapai 600an ekor, dan ini sangat membantu sekali,” terang, Koordinator FMK Mliwang Manunggal, Desa Mliwang, Winoto, pada serah terima program 2023 dan sosialisasi tata Kelola CSR 2024 di balai desa setempat, Jumat (8/12/2023).

 

Menurutnya, program CSR SIG yang melalui FMK telah berjalan sejak tahun 2015 lalu. Dalam kurun waktu tersebut telah banyak kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan. Sehingga, hal ini secara otomatis meningkatkan ekonomi masyarakat, dan sekaligus mengentaskan kemiskinan.

 

“Selain pemberdayaan masyarakat, CSR dari perusahaan juga digunakan untuk pembangunan infrastruktur, peningkatan kapasitas, dan kegiatan karikatif. Tapi untuk pemberdayaan prosentasenya lebih besar,” ujarnya.

 

Sementara itu, Sekertaris Desa Mliwang, Eli Siswoyo, menyampaikan ucapat terimakasih kepada perusahaan. Pasalnya, melalui berbagai program CSRnya perusahaan semen plat merah tersebut telah banyak membantu masyarakat, terutama pada bidang ekonomi.

 

“Saya mewakili pemerintah desa mengucapkan banyak terimakasih atas program-program yang telah diberikan perusahaan kepada masyarakat. Dan semoga kedepan kerjasama ini dapat terus berlangsung dan lebih baik lagi,” tuturnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Community Devlopment Officer SIG Pabrik Tuban, Luksono juga berterimakasih kepada masyarakat yang selama ini telah bekerjasama dengan perusahaan secara baik. Sehingga, perusahaan dapat menjalankan operasionalnya dengan baik pula.

 

“Saya juga mohon doanya kepada seluruh masyarakat agar perusahaan dapat berjalan dengan baik. Dan jangan lupa menggunakan semen produk SIG saat membangun. Sehingga, perusahaan  dapat memberikan sesuatu kepada masyarakat dengan lebih baik lagi,” ungkapnya.

 

Menurutnya, untuk skema penggunakan program CSR tahun 2022 yakni 50% untuk pemberdayaan, 20% infrastruktur, 20% peningkatan kapasitas, dan 10% karikatif. “Untuk pemberdayaan masyarakat itu minimal 50% tidak boleh kurang kalau lebih akan semakin bagus. Dan InsyaAllah kkema ini juga akan berlaku pada program tahun 2023 ini,” pungkasnya. (duc)

Comments are closed.