SIG Pabrik Tuban Gelar Peraktek Haji Tammattu’

Kotatuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban menyelenggarakan kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji tammattu’ bagi Calon Jamaah Haji (CJH) yang berada di wilayah Kabupaten Tuban. Kegiatan yang diselanggaran di Graha Sandiya, Komplek Perdin SG, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Minggu (3/3/2024) tersebut diikuti sekitar 950 CJH seluruh kecamatan dari kuota haji Kabupaten Tuban tahun 2024 sebanyak 1.334 jamaah.

 

“Alhamdulillah pada hari ini para calon jamaah haji akan mengikuti serangkaian peraktik haji tamattu’ dan ibadah umroh. Di komplek Perumdin ini telah disetting menyerupai di Makkah ada ka’bah, jamarat atau tempat lempar jumroh. Sehingga, dengan diadakannya kegiatan ini para jamaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan benar dan lancar,” terang Senior Manager of Corporate Communication SIG GHoPO Tuban, Setiawan Prasetyo.

 

Menurutnya, para calon tamu Allah tersebut saat peraktik ibadah haji  dibimbing tata cara pelaksanaan ibadah haji mulai ihram dari miqat, wukuf di Arofah,  mabit di Muzdalifah, melontar jumrah aqobah, tahalul, mabit di Mina, dan thowaf wada. “Panitia dari SIG akan membimbing para jamaah dan menerangkan apa yang harus dilakukan saat melaksanakan ibadah haji,” ungkapnya.

 

Sebelum melaksanakan peraktik ibadah haji, lanjut Setiawan Prasetiyo mengatakan, para jamaah juga diberikan berbagai teori terkait ibadah haji. Pada 17 Januari 2024 materi Thoharoh dan Sholat Jama’qoshor dengan pembicara KH. Jauhari Fahmi, dari Senori, Tuban. Dan materi Fiqhunnisa’fil Hajj dengan pembicara Umi Kulsum, S.Ag, M.Pd.I dari Plumpang, Tuban. Selanjutnya, pada 24 Januari 2024 calon jamaah haji akan mendapatkan materi Haji Tamattu’ dengan pembicara KH. M. Achmad Ainul Yakin dari Kingking, Tuban. Pada 31 Januari 2024 materi serba serbi haji dengan pembicara Dr. H. Muhammad Latholf Ghozali, Lc., MA, dari Surabaya.

 

“Perusahaan juga memberikan berbagai fasilitas secara gratis kepada para jamaah. Diantaralain kendaraan antar jemput saat pelaksanaan bimbingan, tas, buku panduan ibadah haji, dan berbagai fasilitas lainnya,” ujar Setiawan Prasetyo.

 

Ia juga mengajak seluruh calon jamaah haji dari Kabupaten Tuban untuk bersama-sama berdo’a agar diberikan kelancaran selama melaksanakan ibadah haji mulai dari Tanah Air, selama di Tanah Suci  hingga kembali lagi ke rumah masing-masing dan menjadi haji yang mabrur. “Semoga apa yang telah diberikan oleh perusahaan ini dapat mendukung kelancaraan dalam menjalankan ibadah haji di Tanah Suci nanti,” harapnya.

 

Setiawan Prasetyo juga berharap kepada seluruh calon jamaah haji saat di Tanah Suci nanti untuk turut mendoakan perusahaan agar diberikan kelancaran dalam operasionalnya. Sehingga perusahaan dapat memberikan nilai manfaat yang lebih baik lagi bagi masyarakat.

 

“Kami berharap para calon jamaah haji juga menyelipkan doa untuk SIG agar tetap unggul menghadapi segala tantangan di era industri persemenan yang semakin kompetitif ini. Agar perusahaan dapat meningkatkan pula kontribusi positif kepada masyarakat,”  pungkasnya. (rto)

Comments are closed.